Sulawesi Barat


Sulawesi Barat

Sulawesi Barat (disingkat Sulbar) adalah sebuah provinsi di Indonesia yang terletak di bagian barat Sulawesi. Pembentukan Provinsi Sulawesi Barat telah diperjuangkan sejak tahun 1960. Pada masa itu pulau Sulawesi terdapat 3 (tiga) Provinsi yakni Provinsi Sulawesi Selatan, Provinsi Sulawesi Tengah dan Provinsi Sulawesi Utara. Namun, pada tahun 1963 Pemekaran Provinsi di pulau Sulawesi oleh pemerintah pusat adalah pembentukan Provinsi Sulawesi Tenggara. Usulan pembentukan Provinsi Sulawesi Barat tidak disetujui oleh Pemerintah Pusat.
ibu kota: Mamuju
*POTENSI WISATA ALAM

1. Pantai Mampie

Lokasi pantai dapat dijangkau dengan kendaraan roda dua maupun roda empat. Melewati perkampungan dan hamparan sawah akan menambah keseruan saat mengunjungi pantai ini.

Information

  • Nama: Pantai Mampie
  • Alamat: Dusun Mampie, Desa Galeso, Kecamata Wonomulyo, Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat
  • Biaya masuk: Rp 3.000,00
  • Akses: Banana boat, gazebo, wahana bebek dan perahu, pemandangan kumpulan burung migran
  • Waktu kunjungan terbaik: Hari libur dan akhir pekan

2. Pulau Karampuang


Di pulau ini terdapat sumur tiga rasa yang lebih dikenal dengan nama sumur jodoh. Di sini juga terdapat Goa Lidah dengan mulut goa yang kecil namun di dalam goa cukup luas dengan dinding yang kokoh. Para pecinta snorkling wajib datang ke sini untuk menikmati pemandangan bawah lautnya yang mempesona.

Information

  • Nama: Pulau Karampuang
  • Alamat: Kecamatan Mamuju, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat
  • Biaya masuk: Gratis, biaya jasa perahu motor Rp 20.000,00
  • Akses: Snorkling, diving, goa, sumur jodoh, penginapan

3. Air Terjun Indo Rannuang

Air terjun ini terletak sekitar 8 km dari kota Polewali. Dengan sungai Limbong Sitodo yang mengalir di bawahnya, menjadikan pemandangan air terjun lebih indah dan alami.Anda bisa mandi atau berenang di dekat air terjun atau sekitar sungai. Tempat wisata ini merupakan salah satu tempat wisata andalan bagi pemerintah daerah setempat dikarenakan pesona alamnya yang mengagumkan.

Information

  • Nama: Air terjun Indo Rannuang
  • Alamat: Desa Kunyi, Kecamatan Areapi, Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat
  • Biaya transportasi: Ojek Rp 40.000,00
  • Akses: Air terjun yang indah, sungai untuk tempat mandi dan berenang
  • Waktu kunjungan terbaik: Musim hujan

* POTENSI WISATA BUATAN 
 1. Air Mancur Bundaran Arteri Mamuju

Air Mancur Bundaran Arteri Mamuju
Air Mancur Bundaran Arteri Mamuju adalah Air mancur berwarna warni yang terletak di bundaran jalan arteri yang memiliki panjang 4,5 kilometer dibangun pemerintah dari kantor gubernur Sulawesi Barat di Kelurahan Rangas menuju belakang kantor DPRD Kabupaten Mamuju.

Air mancur berwarna warna ini menambah ikon keindahan kota Mamuju dimalam hari. Hal ini membuat ratusan masyarakat banyak yang datang menikmati keindahan air mancur tersebut secara bergantian hingga larut malam.

2.  Tugu Smart Pasangkayu


Tugu Smart Mamuju Utara


Objek tempat wisata menarik di Kabupaten Pasangkayu Sulawesi Barat yang pertama adalah Tugu Smart. Tugu Smart ini merupakan ikon dari kabupaten Pasangkayu yang mana kepanjangan sejahtera, mandiri, dan bermartabat, Tugu ini sering dikunjungi banyak orang pada saat malam hari. Adanya taman dan air mancur menjadi pemikat tersendiri bagi pengunjung. Selain itu, di tugu yang terletak di kota Pasangkayu tersebut, pengunjung dapat mencicipi beragam jajanan khas. Untuk lokasi tepatnya, tugu ini berada di Jl. Moh. Hatta, Pasangkayu, Kabupaten Mamuju Utara, Sulawesi Barat.

 * POTENSI WISATA BUDAYA
1. Wisata Budaya yang terdapat di Kabupaten Mamuju:
-Rumah Adat Terletak di Kelurahan Rimuku Kecamatan Mamuju
2. Wisata Budaya yang terdapat di Kabupaten Majene:
-Makam Raja-Raja Banggae Terletak di Kelurahan Pangali-ali Kec. Banggae
3. Wisata Budaya yang terdapat di Kabupaten Polewali Mandar:
-Makam Syekh Al- Ma ruf Terletak di Binuang
4. Wisata Budaya yang terdapat di Kabupaten Mamasa:
-Sanggar Tari Banggo Terletak di Kelurahan Mamasa Kec. Mamasa

* CIRI KHAS

Bahasa Daerah Sulawesi Barat

  1. Indonesia (bahasa resmi)
  2. Mandar
  3. Bugis
  4. Toraja
  5. Mamasa
  6. Melayu.

Agama Sulawesi Barat

  1. Islam 79.86%
  2. Kristen Protestan 15.96%
  3. Hindu 1.50%
  4. Katolik 1.45%
  5. Agama Suku 1.21%
  6. Buddha 0.02%

Rumah Adat Sulawesi Barat

Rumah Adat Sulawesi Barat

Rumah Adat Boyang


  1. Samboyang : Bagian depan rumah untuk menerima tamu
  2. Tangga Boyang : Bagian tengah-tengah rumah untuk berkumpul seluruh keluarga.
  3. Bui’Boyang : Tempat tidur penghuni rumah.
  4. Tapang : Bagian loteng untuk penyimpanan barang .
  5. Paceko : Bagian dapur.
  6. Lego-lego : Bagian depan teras untuk bersantai pagi dan sore hari.
  7. Naong Boyang : Bagian kolong rumah untuk hewan ternak
Rumah adat boyang ini terbagi menjadi 2 jenis, yaitu:
  1. Rumah adat Boyang Adaq
  2. Rumah adat Boyang Beasal

Pakaian Adat Sulawesi Barat





Pakaian Adat Sulawesi Barat Lengkap

Pakaian Adat Sulawesi Barat
Pakaian Adat Sulawesi Barat






Pakaian adat yang berasal dari Sulawesi Barat ini tidak jauh berbeda dari daerah yang lainnya, antara lain:
1. Pakaian Adat Wanita Mandar Sulawesi Barat Pakaian ini sering disebut juga baju pattuqduq Towaine, dikenakan kaum wanita Mandar Sulawesi Barat pada acara pernikahan, dan menarikan tarian tradisional.
2. Pakaian Adat Pria Mandar Sulawesi Barat Pakaian adat pria Mandar ini berupa jas tertutup warna hitam yang berlengan panjang, dipadukan dengan celana panjang dan juga sarung yang dililit di pinggang sebagai bawahan.
3. Pakaian Adat Pria Toraja Sulawesi Barat Pakaian ini disebut dengan baju Sepa Tallung Buku. Pakaian yang satu ini wajib digunakan oleh pria yang statusnya PNS pada hari kerja tertentu.
4. Pakaian Adat Wanita Toraja Sulawesi Barat Kaum wanita suku Toraja mengenakan pakaian adat yang cenderung berwarna kuning, merah dan putih. Pakaian ini memiliki lengan pendek yang disebut dengan baju Pokko.
5. Pakaian Adat Kandore Sulawesi Barat Kandore merupakan salah satu pakaian adat yang berasal dari suku Toraja. Pakaian ini dikenakan oleh kaum wanita, dihias dengan manik manik yang dijadikan kalung, gelang, ikat pinggang, dan juga ikat kepala.

Suku Bangsa Sulawesi Barat


  1. Mandar 49,15%
  2. Toraja 13,95%
  3. Bugis 10,79%
  4. Jawa 5,38%
  5. Makassar 1,59%
  6. Suku Lainnya 19,15%

Kesenian Tradisional Sulawesi Barat


Tarian Adat Sulawesi Barat


1. Tari Bulu Londong.

Tari Bulu Lodong
Tari Bulu Londong merupakan salah satu tarian yang berasal dari Mamasa, Sulawesi Barat. Tarian ini hanya dimainkan oleh penari pria dengan menggunakan pakaian dan senjata para prajurit di zaman dahulu. Namun sayangnya tarian yang satu ini sedikit mengalami kejenuhan sehingga hampir punah. Bahkan seni tari tersebut saat ini hampir tidak pernah dimainkan lagi

2. Tari Pattudu.

Tari Patuddu

Tarian Sulawesi Barat selanjutnya adalah tari Pattudu. Pada umumnya tarian ini dilakukan oleh penari wanita dengan gaya tarian yang lemah gemulai. Sebagai properti biasanya mereka membawa kipas. Menurut sejarah, pada zaman dahulu tarian ini ditampilkan untuk menyambut prajurit yang pulang dari medan perang.


Upacara Adat Sulawesi Barat




  • Kalindaqdaq
  • Sayyang Pattu’du
  • Perahu Sandeq
  • Parrawana (Rebana)
  • Jepa
-KULINER KHAS
Kalau kamu berkesempatan untuk mengunjungi Sulawesi Barat, jangan lupa ya untuk mencicipi kelezatan 5 makanan khas Sulawesi Barat berikut ini:




1. Bau Peapi

Usumber.comsumber.com
Kuliner yang satu ini merupakan makanan khas suku Mandar, Sulawesi Barat. Bahan utama dari Bau Peapi adalah ikan tuna, tongkol atau cakalang. Hidangan ini menjadi makanan utama di Kabupaten Mamuju, Majene dan Polewali Mandar.

2. Roti Pawa

picbon.com/user/wardiana_dhana2picbon.com/user/wardiana_dhana2
Kalau melihat bentuknya, kuliner yang satu ini memiliki bentuk yang mirip sekali dengan bakpau. Namun tentu saja Roti Pawa memiliki perbedaan dengan bakpau, karena untuk membuat Roti Pawa tepung terigunya akan dicampur dengan tepung beras. 

3. Kue Paso

resepnusantara.idresepnusantara.id
Kuliner yang satu ini biasanya muncul hanya pada saat bulan Ramadan saja. Dinamakan Kue Paso karena bentuknya yang menyerupai paku, yakni memiliki ujung yang lancip. Kue ini sangat digemari oleh masyarakat Sulawesi karena memiliki cita rasa manis dan legit.

4. Bolu Paranggi

picbon.com/user/d3ssy_kitchenpicbon.com/user/d3ssy_kitchen
Lanjutkan membaca artikel di bawah

Kuliner yang satu ini juga merupakan makanan khas suku Mandar, Sulawesi Barat. 
Bolu Paranggi biasanya berwarna coklat karena memang dibuat menggunakan tepung terigu yang dicampur dengan gula aren.

5.  Jepa



Sumber gambar: Okezone
Jepa adalah pilihan kuliner khas Suku Mandar selanjutnya yang bisa Toppers temui saat berkunjung ke Sulawesi Barat. Berbentuk bulat pipih, makanan tradisional khas Mandar ini terbuat dari Sagu ataupun Singkong yang bagian tengahnya diperkaya rasa manis dari gula aren.

*OLEH OLEH 

1. Kalumpang

Kalumpang
 Kalumpang merupakan nama makanan khas Mamuju yang berbentuk bulat seperti pizza. Jika pizza terbuat dari gandum, maka makanan khas Mamuju Tengah dan seluruh daerah Mamuju ini terbuat dari sagu, ubi, atau singkong. Isian Kalumpang bisa dikreasikan dengan apa saja. Namun isian yang paling banyak ditemukan adalah yang berisi gula merah atau ikan.  Untuk mendapatkan Kalumpang kalian bisa mendapatkannya di pasar, toko oleh-oleh Mamuju, atau rumah warga yang menyediakan Kalumpang.

2. Tenun Sekomandi

Tenun Sekomandi
Tenun Sekomandi merupakan kain tenun khas Mamuju yang lahir dari budaya masyarakat Kalumpang. Bahan pewarna Tenun Sekomandi pun masih terbilang alami, yaitu dari cabai, laos, kemiri, jahe, kapur sirih, kulit kayu, dan sebagainya. Yang membuat kain khas Mamuju ini begitu unik adalah motif kain yang berasal imajinasi sang penenun dan langsung dikerjakan tanpa melalui proses sketsa di atas benang sebelumnya. Jika kalian mencari oleh-oleh khas Mamuju yang bernilai estetika tinggi, maka sehelai kain Tenun Sekomandi wajib menjadi salah satu koleksi

3. Baje’

Kue Baje'
Baje’ merupakan kue yang terbuat dari campurang bahan dasar beras ketan, kelapa parut, dan gula merah, lalu dibungkus dengan daun pisang kering. Untuk semakin menambah kelezatan, isian seperti kacang tanah atau durian pun ditambahkan saat membuat Baje’. Rasa manis dari Baje’ membuat makanan ini disukai banyak orang. Tertarik untuk membeli sekotak Baje’? Cukup membayar Rp 10.000 hinga Rp 15.000 saja kalian bisa membawa pulang satu kotak Baje’ yang berisi 20 sampai 25 buah



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mau Kemana Setelah Lulus SMK?